"Bila ada buku yang ingin kau baca, tapi buku itu belum lagi di tulis, maka engkaulah yang mesti menulis." (Toni Morrison, Penulis Afro-Amerika, 1931-_)

Tuesday, April 5, 2011

WAKTU

Dikarenakan waktu berjalan dengan anggun. Bertempo relatif, tergantung yang melewatinya. Satu menit bisa saja terasa seperti satu hari, dan sebaliknya.. satu hari dapat terkesan seakan satu menit. Manusia itu pintar atau bodoh? selalu lalai, tidak menghargai waktu dan selalu menyia-nyiakan waktu. Mereka tak paham betapa jauhnya jarak "masa lalu" dan betapa dekatnya masa depan. Apa ada yang bisa mengulang waktu? Bahkan para ahli fisika dunia pun hanya bisa beranggapan, "Seseorang dapat kembali ke masa lalu jika ia mampu menembus "black hole" di angkasa sana". Apa kalian percaya?

Waktu..
Apa yang kalian ketahui tentang waktu?

Kehidupan militer merupakan contoh yang tepat untuk menjelaskan betapa berharganya waktu. Mereka selalu belajar bagaimana menyingkat pekerjaan seperti halnya mandi, berpakaian, makan dsb. "5 menit adalah kesempatan emas untuk melakukan masing-masing dari aktivitas tersebut, jika tidak.. pekerjaan/tugas yang lain tertunda dan kemungkinan besar hukuman dari komandan akan menghujamnya". Begitupula ketika perang, jika mereka lambat maka peluru musuh akan mudah mengalahkannya.. mereka memanfaatkan waktu.

"Karena hidup kita ini bukan di "negeri" Doraemon.."
Pada kenyataannya, "pintu kemana saja itu" tidak ada kan? Jika memang ada, mengapa kita tak buka saja pintunya dengan tujuan masuk ke Surga.. semuanya beres kan? Kita tak perlu mati, tak perlu beribadah dan tak perlu kerja keras di dunia ini... Di surga kita kekal, bebas dan puas. Untuk apa masih bergelut dengan penatnya dunia?

Hidup ini tidak instant.. perlu keringat untuk mendapatkan sesuatu. Bahkan bernafas dan mengedipkan mata saja, perlu kerja ribuan atau mungkin jutaan sel syaraf dalam tubuh kita...

"Karena kita tidak memiliki meja belajarnya Nobita yang jika kita buka lacinya, maka kita bisa pergi berwisata ke masa lalu bahkan ke masa depan.."

"Karena yang menentukan prestasi adalah waktu..". (Prof. Sjafril Darana)
Seorang dosen saja rela membayar ongkos TAXI agar tidak kesiangan untuk mengajar mahasiswanya. Beliau rela memberikan ilmunya kepada mahasiswa malas sekalipun, berharap suatu saat mahasiswanya sadar bahwa, "Aku datang untuk kalian, mahasiswaku..!". Karena ia tahu.. tak banyak waktu yang kita miliki. Dia berikan ilmu yang penting-penting saja...yang bermanfaat untuk kita di dunia maupun di akhirat.
(Terinspirasi ketika kuliah Produksi Ternak Unggas di Ruang Kuliah '9 Fapet Unpad, mendegarkan keluhan seorang dosen terhadap mahasiswanya yang selalu terlambat/kesiangan masuk kelas)

"Karena waktu adalah makhluk Tuhan yang paling kekal.."
Kemungkinan terbesar dari segala ciptaan Tuhan yang paling tangguh adalah "waktu". Bahkan ketika segalanya telah musnah.. waktu akan tetap berjalan, menemani Tuhan.. Masuk akal-kah?

Ditulis: Saat Pagi Buta, 06:08 WIB sebelum berangkat ke kampus. 4 April 2011

No comments:

Post a Comment

ご訪問いただきありがとうございます...!!

Thank's ya buat kunjungannya...!!