"Bila ada buku yang ingin kau baca, tapi buku itu belum lagi di tulis, maka engkaulah yang mesti menulis." (Toni Morrison, Penulis Afro-Amerika, 1931-_)

Tuesday, February 7, 2012

Bersenang-senang di Desa ~part 2~

"...Bersama angin, bersama bebatuan alam, bersama putri malu, bersama air mengalir, bersama si Nawi, bersama si Ikbal, bersama si Heru, bersama si Oman & Ohim, bersama semuanya yang ada di tanah Pondok Bungur ketika hari menginjak Senin di bulan yang sedang Pebruari... Saya kembali bersenang-senang...". 

 Tadi, saat matahari mulai berani meluncurkan cahayanya ke sekitar Khatulistiwa, saya tengah berada dalam bis Primajasa (Bandung-Bekasi). Itu di terminal Leuwipanjang, saya sendirian dalam bis. Mungkin gara-gara jadi penumpang pertama. Tapi tak apalah, itu bagus. Jadi bis nya terkesan milik pribadi, milik saya, yang sunyi dan cocok untuk menggali inspirasi.. oh inspirasi digali?. Haha.. tapi sayang, setelah bis meluncur dari terminal, eh di setiap jalan ada orang-orang yang naik itu bis, bis jadi penuh, bis jadi ramai, tidak sepi lagi.. pedagang asongan banyak yang masuk, pedagang koran juga, pedagang handuk, pedagang buah-buahan, pedagang buku-buku.. ah ya, saya tadi beli buku satu buah. Buku dongeng-dongeng untuk anak, sepuluh ribu harganya.. isinya bagus. Maaf kalo isi bukunya tidak saya ceritakan di sini.. itu tidak gratis soalnya. :) 

Cerita di perjalanan sepertinya tak perlu dibahas, itu sama seperti biasanya, melihat jalan tol dan pernak-perniknya sampai tiba di gerbang tol Sadang (Jatiluhur). Turun di sekitar alun-alun Purwakarta dilanjutkan dengan menaiki angkot merah ke Pasar Rebo dan disambung dengan menaiki angkot kuning menuju kantor kecamatan Pondoksalam. Karena ada keperluan, saya masuk dulu ke sana, ke kantor camat, mau minta tanda tangan camatnya, bukan nge-fans, tapi butuh untuk ngelengkapi tugas bikin laporan KKN sebulan kemarin.. ah udahlah, itu ga rame, ga usah di bahas.. haha, saya melanjutkan perjalanan menuju desa Pondokbungur dengan ojeg, ojegnya lucu, motor yamaha mio, warnanya pink. 

Dan tibalah saya di desa, ngelewatin SD, oh ada si Ikbal (anak kelas 1 SD) tereak-tereak, "Ka-Ka-eeeeNN..!, kaaa..!". Oh suara itu lagi, serasa punya nama "eN" lah kalo dipanggil gitu. Padahal nama saya kan "Andi", harusnya mereka manggilnya "Ka-An-Di..!", haha.. (naon sih? haha). Saya turun di sana, di kantin SD, si Ikbal sama temennya datang ngehampiri. Oke saya pesenin Pop-Ice 3 gelas.. nraktir mereka minum. Ngobrol-ngobrol dengan penjaga kantin dan bercengkrama dengan si Ikbal seolah bercengkrama dengan orang-orang dewasa.. Mereka banyak bercerita serius tentang 4 hari lalu yang sudah mereka lewati tanpaaaa-aku. Hahaha.. banyak kejadian-kejadian aneh terjadi katanya. Oh omongan anak kelas 1 SD.. okelah saya cukup percaya, karena bagaimana pun mereka itu sudah menjadi teman saya.. haha. 

 Sampai semua siswa SDN 1 Pondokbungur keluar dari kelasnya untuk bergegas pulang, saya lihat mereka memandang ke arah kantin, oh mereka langsung berlari dan menghampiri saya, mereka suntangan.. oh saya serasa menjadi ustad tadi, haha.. terharu lah, dikit.. Lalu semua anak-anak SD pulang kecuali si ikbal dan si Nawi (nama aslinya Nawawi, anak kelas 4 SD, anak yang naksir sama si Sisil 'mahasiswi sastra inggris unpad 2009' haha.. teman kkn saya), tapi biarin ah, itu mah derita dia, nyukain cewe dewasa.. haha.. 

 Kami beranjak dari kantin menuju warung Kang Hamzah. Iya.. sepanjang jalan banyak yang menyapa. Di sana memang ramah-ramah warganya... ngelewatin kantor desa. Oh di kantor desa sedang ada pemeriksaan rupanya, pertama kalinya saya lihat muka-muka pegawai sana kecut, termasuk Kadesnya. karena sedang sangat sibuk sekali banget... ah saya pergi saja dari sana. menuju kang Hamzah.. 

 Kang Hamzah, kasihan dia.. dia yang merasa paling kehilangan atas kepulangan mahasiswa-mahasiswa KKN. Karena dulu memang, kami sering nongkrong di sana, setiap hari sampai larut malam.. warungnya jadi laku, jadi ramai. Sekarang sepi katanya... Dan saya hampiri dia, salami dia, oh dia langsung ngebikin kopi susu buat saya.. dia baik. Mengobrol banyak dengannya, mendengarkan curhatannya.. Oh, saya suruh Nawi sama Ikbal buat ambil itu jajanan di warung, biar saya yang bayar.. kasihan nunggu saya, mau maen bareng saya lagi katanya.. iya tunggu sebentar kataku. Hehe. 

 Di tengah ngobrol, datanglah si Ohim, juga si Oman.. mereka sodara kembar..mereka kaya upin ipin, haha. Datang minta ajarin ngegambar lagi. Dan oke, saya untungnya bawa banyak kertas HVS sama banyak alat tulis.. empat orang, berarti empat pensil. Untung kantong saya ajaib, mau apapun juga ada.. haha. Mereka khusuk ngegambar.. khusuk ketawa-ketawa lagi bareng saya. karena gambar mereka jelek terus, ga sebagus punya saya.. haha.. Lalu mereka ajak kami mandi di ciherang, di sungai... oke siaplah, kapan lagi saya kesana. 

Saya titipkan tas sama sepatu di rumah kang hamzah, saya pergi ke Ciherang bersama anak-anak.. di jalan, ketemu banyak anak SD lainnya, mereka ikut. di sana, di dekat sungai.. biasa, ada surau, saya sholat dhuhur dulu, lalu buka baju bersama mereka.. dan waah, haha, mereka mengajak berenang di hilir sungai, di mana air sungainya mengalir begitu deras, seperti waterbomb. Wahaha.. rame-rame.. Airnya kuenceng, ini pantat tak terkendali, wuuuh, tabrakan terus dengan bebatuan di sana. tapi bikin ketagihan.. berulang saya coba meluncur dari atas ke bawah. Si Oman ngajakin terjun dari atas jembatan, ah saya ga mau.. itu tinggi sekali. Tapi mereka berani, saya tidak.. haha, cupunya akuuu.. 

 Sampai lelah.. sampai ingin kembali ke daratan, kami pakai lagi baju... lau mereka mengajak saya maen bola di halaman rumah siapaaa gitu lupa namanya. haha.. pokonya itu di dekat kontrakan KKN putri dulu.. haha, rame, rame.. anjis panjang teuing euy (panjang banget),, ngetiknya.. hhaha.. males ngelanjutin ah.. pokonya udah itu saya mandi di rumah ceu nyai, dibaju trus minjem motornya buat ke rumah pa kades nganterin laporan KKN kemarin.. terus ke rumah si mba sama ibu-ibu sekitar kontarakan KKN laki-laki dulu buat minta maaf sama ijin pulang, soalnya dulu pas mau pulang dari KKN, pas masih bareng anak-anak KKN unpad, iya, cuma saya yang belum pamitan.. hha, biasalah orang sibuk. haha.. udah gitu balikin motor ke Nyai dan bergegas minta anterin pulang ke kang hamzah dengan sopan).. eh dia malah ngasih saya makan sama daging bebek.. oke saya hajar dulu.. oh saya pun selesai makan dan pulang diantar oleh sodaranya kang hamzah, ah. dia tukang ojeg, jadi saya harus bayar ongkos.. haha. tapi tak apa.. saya dianter sampai ke ciganea, naik lagi bis Primajasa ke Bandung.. di jalan saya liat lanskap senja yang orange dibalik jendela bis, bagus sekali... saya pun pulang. 

06/02/2012

No comments:

Post a Comment

ご訪問いただきありがとうございます...!!

Thank's ya buat kunjungannya...!!