"Bila ada buku yang ingin kau baca, tapi buku itu belum lagi di tulis, maka engkaulah yang mesti menulis." (Toni Morrison, Penulis Afro-Amerika, 1931-_)

Tuesday, December 6, 2011

Exam

Bandung, 2011 Desember tanggal 6... 

Demi kemeja kotak-kotak juga celana blue-jeans, tak lupa topi koboi dan sepatu jingle-nya, sueeer..! saya sedang jenuh berkuliah. Minggu ini katanya minggu tenang buat ngehadepin ujian semester, tapi oh, masih banyak tugas pula ternyata. Banyak laporan yang harus dibikin, terus tentang matakuliah BangPer (bangunan dan peralatan kandang) disuruh bikin maket (miniatur). Per-kelompok bikin satu aja katanya. Oh saya benci tugas kelompok.. Semalem juga si Daniar sama si Tiko marah-marah via hp gara-gara cuma mereka aja yang kerja bikin kandang (belum jadi) katanya, padahal di tiap kelompok ada 10 orang, okelah hari ini saya ke kampus buat ambil tuh bahan-bahan yang belum jadi miniatur kandang. Biarin hasilnya bagus juga, biarin aja walau nanti Pa Deni ngasih nilai A sama itu tugas, soalnya cuma saya yang nanti ngebikinin, pake tangan sendiri..! 

Minggu depan adalah UAS (ujian ahir semester), Oh saya suka UAS.. kenapa? Iya, soalnya cuma satu matakuliah aja per hari, jadi ke kampus cuma bentar aja. Masuk aula, ngerjain soal, beres, kumpulin, balik deh. Palingan cuma 20 menit-an lah, saya pasti udah selese ngerjain soal-soal ujian, hahaha. 

Terus tentang soal ujian.. 
Yang paling saya suka adalah soal essay, males kalo udah pilihan ganda.. Soal essay tuh biasanya suka dikit, 5 soal, walo banyak juga palingan ampe 10 nomor. Beda sama soal pilihan ganda yang banyaknya suka ada 50-100 butir soal, tiap soal panjang-panjang lagi kalimatnya, letih lah saya bacanya. Hhe.. Enakan soal essay kali, ngisinya bisa sambil ngelamun. Ato soal cerita, nah itu lebih suka lagi.. kalo di Fakultas Peternakan biasanya soal kaya gitu dibikin buat nge-evaluasi materi analisis usaha sama pencatatan reproduksi. Pastinya tuh soal ada narasinya, udah kaya cerpen lah.. walopun suka ada rumus itungannya, tapi rame.. ramelah, rame pisan.. Bodohnya saya ga pernah ngapalin rumus-rumusnya. Hha, dalam momen ini, saya seolah seorang ilmuan yang lagi mecahin teka-teki.. Seru..! Apalagi kalo jatah waktu ujiannya udah nyampe di injury-time, kursi mulai memanas dan keringat mulai bercucuran membasahi kertas ujian.. hha. Itulah yang dinamain konflik pas ujian.. klimaks- yang senantiasa akan terkenang dalam sanubari seorang mahasiswa. 

Dan, oh.. saya benci mahasiswa yang menyontek, mereka ga pe-de sama otaknya sendiri, mereka ga kreatif, mereka takut IPK nya kecil (saya juga takut sih..hha), secara ga langsung mereka udah sia-sia kuliah.. (Semoga saya tidak..).

No comments:

Post a Comment

ご訪問いただきありがとうございます...!!

Thank's ya buat kunjungannya...!!