"Bila ada buku yang ingin kau baca, tapi buku itu belum lagi di tulis, maka engkaulah yang mesti menulis." (Toni Morrison, Penulis Afro-Amerika, 1931-_)

Sunday, July 3, 2011

Hari Pertama Kerja

Bukan hidup namanya kalo ga ngelalui cerita konyol...

Hajigh, aslina.. rame lah hirup teh. Dari mulai ngalamin jadi seorang mahasiswa exact yang ga betah nongkrong di lab*..trus jadi penulis amatir yang karyanya ga laku-laku di pasaran, dan sekarang jadi bagian staff di salah satu perusahaan bidang investasi... pait manis lengkap sama rasa asam dan asinnya, itu teh uda mulai kerasa nyurucud lah sa-awak-awak, over-LOT malah.. selalu terngiang-ngiang di otak kalo mau tidur.

Ok, saya mulai dari cerita sebagai seorang mahasiswa unpad..
Jadi civitas akademika "kedengerennya keren". Masuk di fakultas koboi (peternakan) tapi ga tau mau ngapa-ngapain.. di kelas cuma tidur, ngacay, ngalelewe dosen dari belakang, jarang ngerjain tugas.. maen-maen pas praktikum, ngoloan asdos, ngejailin orang, de el el.. Rame, rame pisaan lah. Sewaktu-waktu ketemu sama cewe cantik di kampus---> falling in love at first gaze.. halah gaya. Otomatis kuliah jadi semanget.. trus ngusahain pengen deketin dia, dari mulai ngsmsin tmen-tmen deketnya sampe dapet info banyak tentang dia. Tapi pada ahirnya.. didapat kenyataan bahwa cewe yang diincer itu uda punya pacar.. kesimpulannya--> so failed.

Jadi penulis...
Masa remaja, tanpa puisi cinta.. menurut saya itu nothing. Ga asik, ga melow dan ga slow..kurang flow (naooon deuih..?hha). Tapi beneran. Gara-gara jatuh cinta, puisi jadi ngabugbrug di kamar. Saking banyaknnya saya ga punya lapak lagi buat tidur, (ah tindihan we kertasna ketang. wakakakak..)

Punya ide bikin cerpen terus ngelombainnya di acara nasional, hasilnya nihil, mungkin saya jadi juara ke seratus empat puluh empat kayanya disana.. wah, bodor, bodor pisan lah..

Sekarang jadi bisnis-men di bidang pengelola investasi..
Berawal dari keseharian saya yang boke' (ga punya duit) buat bayar uang semesteran dan keinginan besar buat beli something but isn't a nothing (kaya komputer baru, hp baru, baju baru, motor baru, de es be).. ahirnya punya ide untuk nyari kerja. SmS kawan ke sana-kemari buat nyari info lowongan kerja.. sehingga didapatlah informasi tentang perusahaan yang bergerak di bidang pialang (broker, perantara, sales marketing ato apa lah istilahnya).. terus saya mencoba masuk. Lahaola...

Hari pertama masuk kantor..
Pake kemeja lengan panjang, dasi, celana pantalon serta lengkap sama sepatu pantovel (semuanya minjem kecuali celana),tanpa melalui interview dan training (setelah ngasihin berkas lamaran langsung dimasukkin ke ruang kerja), dengan pengetahuan yang masih sempit dan se-adanya.. saya nyoba ngerti apa-apa yang staff lain bicarain di ruangan tentang sistim kinerja perusahaan. Ngerut-ngerutin muka gara-gara terus merhatiin cara orang-orang di sana kerja. Ga puas sama yang di kantor, ngeluarin hp terus buka opera mini dan searching tentang kata-kata yang ga saya pahami. Karena perusahaannya ga lepas dari dunia ekonomi, mau ga mau.. malemnya, sepulang kerja.. saya browsing di internet tentang apapun, tektek bengek mengenai profil perusahaan dan prospek kerjanya, sampe ngebul... haaah...!

Esoknya, saya tanyain lagi sama rekan kerja lain tentang materi ekonomi yang uda saya baca semalem, dan dahsyatnya mereka bisa jawab dengan jelas dan terperinci dengan bahasa seorang salesman sejati. Saluuut.. beda pisan sama kuliah. Di lapangan kerja kasus-kasus tuh nyata dan emang harus dipikirin kemudian dipecahin.. soalnya bakal jadi duit.

Presentasi, okelah.. keren-keren pisan bicarana, prospek kerja.. euh, duitna bebeledagan geningan.

yang bikin unik dari bagian cerita ini adalah.. karyawan-karyawan di ruang keja saya tuh garelo semua.. hhaha, karasa pisan Indonesia na teh. Sagala bentuk jelema aya lah. dari mulai pedagang gehu, pedagang keripik, baju, asesoris, terapi bekam sekaligus ahli hadis, pedagang pulsa sampe tukang ramal (tarot) ADA... majemuk lah. Tapi kompak dina ngabodor.. aya aturan manajer jeung bawahan bisa papoyok-poyok sagala.. rame, rame pisanlah..

Orang-orangnya pada baik, bener euy, ga pelit. Butuh apa-apa tinggal ngomong, pasti mereka ngasih.. Apalagi kalo uda ada pegawai yang clossing (berhasil ngegaet nasabah/investor)... karokean, pesta sambil ngundang semua staff yg ada di ruangan mah uda ga asing lagi lah ditelinga..(sabarahaeun tah?) Edaaan lah hebat.. Resep urang mah.... pisan.

Hah.. sementara, segitu dulu cerita saya malem ini..(kacau balau kosa kata teh ah..)heu.
Teu ngarti nya? .......Sarua urang ge... hho.

No comments:

Post a Comment

ご訪問いただきありがとうございます...!!

Thank's ya buat kunjungannya...!!