"Bila ada buku yang ingin kau baca, tapi buku itu belum lagi di tulis, maka engkaulah yang mesti menulis." (Toni Morrison, Penulis Afro-Amerika, 1931-_)

Friday, February 4, 2011

Mengkaji "hidup" di mata seorang mahasiswa labil

"Hidup itu bukan untuk sekedar bernafas...",
Masih dalam suasana kamar yang kosmik, saya balik lagi mikirin arti "hidup" yang pendefinisiannya masih awut-awutan. Apa sih hidup? Kalo saya coba ngebayangin.. yang ada di otak tuh cuma klise-klise basi kaya potret bangun tidur, mandi, sarapan, ngampus/kerja, balik, ngerjain tugas (kalo lagi rajin), belajar (kalo lagi mood), tidur, bangun lagi besoknya terus balik lagi sama kegiatan awal (kemaren).. mungkin di tengah-tengahnya bisa juga keseling sama kegiatan laen kaya sholat, olahraga, rekreasi, baca-baca novel, nonton kartun doraemon, ngelamun, ngelawak (buat yang punya selera humor tinggi), ajojing, boker, ngetawain orang, diketawain orang, ngejailin orang (ato malah dijailin orang), pacaran/jomblo-jombloan, nyolong jemuran tetangga (nah loh..?? &^%%$%#) atau apalah... Tapi bukan itu yang sebenernya saya cari buat dijadiin inti dari permasalahan kali ini.

Masih ada aja perasaan hambar yang ngeganggu diri ini, ato saya emang kurang puitis kali ya buat syukurin nikmat-Nya? Sampe-sampe jalan hidup ini terkesan dimonopoli sama nasib (artinya "gimana ntar aja deh..") Hoam,,, :0

"Hidup itu penuh dengan pilihan...",
Setelah dipikir-pikir, ada benernya juga ternyata pertanyaan pamungkas guru-guru waktu TK ato SD buat murid-muridnya yang sedikit terdengar nyeletuk kaya gini, ("Anak-anak..!! Apa cita-cita kalian kalau sudah besar nanti?").. Hm, mau jadi apa ya? Kalo jadi pilot, (kayanya ngga deh, gua takut ketinggian euy, hheu), jadi tentara angkatan darat (uda dicoba, ternyata ga lulus), jadi dokter (Waw..! biaya sekolahnya bukan maen cuy, lagian orang males kaya gua ga cocok kayanya sama job kaya gitu), jadi atlit (mendingan molor deh.. hhe), jadi musisi (ouw.. baca not balok aja "loading", kalo ngegitar asal masuk weh).. jadi seniman (hm, bisa dpertimbangkan), jadi novelis (pada kenyataannya udah nyoba bikin beberapa naskah, tapi ga ada yang selesai satupun), jadi koki (kalo cuma buat ngerebus indomie, okelah..hha).. jadi ustadz (Waw..!! amazing.. Subhanalloh) hheu, ngga dulu deh, sholatnya jg belum khusu'...arrgghh..!

"Hidup itu sandiwara..",
Berarti Tuhan itu Maha Hebat yah,, bisa nyutradarain jutaan bahkan miliyaran kisah-kisah dramatis di dunia ini.. Kita sendiri yang jadi aktornya malah ga nyadar kalo selama ini tuh cuma bergerak di tengah hiruk-pikuk alur sandiwara ato cerita 'belive it or not?'.. artinya Kehidupan dunia itu 'nyata ga nyata. Percaya ato ngga, kejadiannya memang harus berlangsung demikian... Kadang kita bangga dengan apa yang kita miliki, kekayaan, pacar, orang tua... ato bahkan ngerasa terhina sama keadaan miskin yang mengambang.. padahal semua itu hanyalah properti-properti dari kisah sandiwara di dunia ini.. semuanya hanya pinjaman yang cepat ato lambat harus dikembalikan kepada pemiliknya.. so what?..

"Hidup itu belajar...",
Pada kenyataannya, orang yang dibilang malas sekalipun ternyata melakukan kegiatan seperti ini (belajar).. saat ia malas melakukan sesuatu, mungkin dia mencoba tidur dengan berbagai posisi.. mencari kenyamanan. Dengan membulak-balikkan tubuhnya saat khendak tidur, sampai berkali-kali, kemudian ahirnya ia dapat mengetahui bahwa ada sebagian posisi tidur yang enak dan tidak enak.. dampaknya akan terasa bila tidur dalam keadaan posisi yang salah, leher bisa saja pegal ato badan terasa sakit..

"Hidup itu jam weker..",
Sebagian besar orang-orang menggantungkan hidupnya pada jam weker. Tau kenapa? Ini salah satu contohnya, *Seorang pekerja kantor ato pelajar sekalipun ketika bangun tidur, hal pertama yang dilihat pasti "jam" weker ( mau jam dinding juga ga apa-apa lah).. "jam berapa sekarang?.. Anjriitt..! jam 09.27 ?!!... MATI GUEE...!! Bisa-bisa bos/dosen marah nih..",*

Ah intinya udah banyak deh definisi-definisi yang ngemaknain arti hidup... ga akan ada habisnya kalo dibahas..unlimited. Kecuali kalo semua orang udah sepakat dengan asumsi.. "Hidup itu untuk mati...enough..!!", mungkin ini bisa lebih mempersimpel permasalahahnnya, hmm...ato malah memperumit? whatever..!

Selese diketik pas Adzan Ashar, jum'at 4 Februari 2011...jam 15.26 WIB, Bandung

No comments:

Post a Comment

ご訪問いただきありがとうございます...!!

Thank's ya buat kunjungannya...!!